31 December 2012

Berbuatlah untuk bumimu

Bumi ini rusak? Setujukah Anda jika saya berkata seperti itu? Silakan Anda beropini, tapi menurut pendapat saya, bumi ini sudah sekarat. Apa saja ciri rusaknya bumi? Siapa penyebab kerusakan itu? Mungkin akan terlintas pertanyaan-pertanyaan semacam itu.

Dalam Wikipedia dinyatakan bahwa pemanasan global atau global warming adalah adanya proses peningkatan suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan Bumi.

Suhu rata-rata global pada permukaan Bumi telah meningkat 0.74 ± 0.18 °C (1.33 ± 0.32 °F) selama seratus tahun terakhir. Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) menyimpulkan bahwa, "sebagian besar peningkatan suhu rata-rata global sejak pertengahan abad ke-20 kemungkinan besar disebabkan oleh meningkatnya konsentrasi gas-gas rumah kaca akibat aktivitas manusia". Kesimpulan dasar ini telah dikemukakan oleh setidaknya 30 badan ilmiah dan akademik, termasuk semua akademi sains nasional dari negara-negara G8. Akan tetapi, masih terdapat beberapa ilmuwan yang tidak setuju dengan beberapa kesimpulan yang dikemukakan IPCC tersebut.

Penyebab pemanasan global:
Efek rumah kaca
Efek umpan balik
Variasi Matahari

Dampak pemanasan global:
Iklim Mulai Tidak Stabil
Peningkatan permukaan laut
Suhu global cenderung meningkat
Gangguan ekologis
Dampak sosial dan politik

Kerusakan ekosistem bumi oleh tangan manusia yang meningkat dalam 50 tahun terakhir sesuai dengan firman Allah SWT dalam Al Qur'an surat Ar Ruum (30) ayat : 41
"Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar)."

Sekalipun sebagian besar pemerintahan negara-negara di dunia telah menandatangani dan meratifikasi Protokol Kyoto, yang mengarah pada pengurangan emisi gas-gas rumah kaca. Namun pemanasan global terus berlangsung.

Peduli pada lingkungan sebenarnya bukan hanya kepentingan segelintir orang. Siapa pun Anda, dalam strata ekonomi apa pun Anda, di lingkungan sosial seperti apa pun Anda, sesungguhnya Anda punya kewajiban untuk peduli pada lingkungan.

No comments:

Post a Comment